Kuliah di luar negeri merupakan hal yang di impikan banyak orang. Kalau kamu berniat untuk melanjutkan studi di luar negeri, India mungkin bisa menjadi pilihan.

 

Alasan dan Keuntungan Kuliah di India

 

Berikut adalah alasan dan keuntungan kuliah di India  sebagai tujuan studi internasional kamu :

 

 1. India memiliki sejarah yang kaya dalam hal Pendidikan

 

India selalu menarik siswa internasional dan memantapkan dirinya sebagai pusat pembelajaran internasional.  Weda, Purana, Ayurveda, Yoga, Arthasahtra Kautilya hanyalah sebagian dari pencapaian sistem pengetahuan tradisional India yang ditransfer ke dunia saat ini.  Beberapa Universitas seperti Takshashila (600 SM sampai 500 M) dan Nalanda (500 sampai 1300 M) menarik cendekiawan dari seluruh dunia ke India.

 

Revolusi dalam sistem pendidikan tinggi India dapat dikreditkan ke Inggris.  Ini terjadi di India pra-kemerdekaan.  Saat ini semua kursus di India diajarkan dalam bahasa Inggris, ini adalah parameter yang paling menarik untuk penerimaan Internasional.

 

Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa India telah berkontribusi pada dunia dalam bidang subjek apa pun – baik itu Astronomi, Arsitektur, Metalurgi, Logika, Kartografi, Matematika, Yoga, Kedokteran, Mineralogi, dll. Dalam beberapa tahun terakhir, India telah menunjukkan  kehadirannya yang luar biasa di seluruh dunia dalam bidang otomotif, teknik, komunikasi, teknologi informasi, penelitian luar angkasa, dan teknologi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 2. Sistem Pendidikan terbesar ketiga di Dunia

 

 

Dengan lebih dari 950 universitas terakreditasi, 40.000 perguruan tinggi, dan kapasitas untuk mendaftarkan lebih dari 20 juta siswa membuat India menjadi sistem pendidikan terbesar ketiga dalam ekonomi global saat ini.  Sistem Pendidikan India sangat luas ukurannya, begitu pula dengan penawaran akademisnya.

 

Sistem pendidikan yang dinamis dan beragam berarti berbagai macam kursus tersedia – dari yang modern dan mutakhir hingga yang tradisional.  Pendidikan India berkisar dari paparan hingga kemajuan sains dan teknologi terbaru seperti Virtual dan Augmented Reality, Artificial Intelligence, dan Cognitive Computing hingga Yoga, Ayurveda, Sanskrit, dan musik dan tarian klasik. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 3. Rumah bagi Universitas Berperingkat Teratas dan Pendidikan berkualitas

 

Sistem pendidikan tinggi India diberi peringkat di antara pusat pendidikan berkualitas terbaik di dunia menurut peringkat pendidikan tinggi QS dan peringkat universitas dunia pendidikan tinggi Times.  India sangat terkenal karena pendidikannya yang berkualitas di bidang teknik dan teknologi, Magister dalam mata pelajaran Administrasi Bisnis, dipelopori oleh Institut Sains India (IISc) Bangalore, dan Institut Teknologi India (IIT) yang bergengsi, ISB Hyderabad, dan IIM.  Saat ini terdapat 23 IIT, dan 20 IIM yang berlokasi di seluruh negeri, dengan fokus utama pada bidang teknik, teknologi, manajemen, dan sains. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 4. Jurusan Kuliah Unik Berlimpah

 

Sistem pendidikan tinggi India tidak hanya luas ukurannya;  itu juga ekspansif dalam penawaran akademis.  Masa lalu negara yang kaya dan masa depan yang cerah berarti tersedia kursus yang luas dan mendalam, mulai dari musik klasik hingga teknologi mutakhir.  Selain terpapar dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, siswa juga memiliki akses ke mata pelajaran tradisional, seperti Ayurveda, Yoga, Sanskerta, Vastusastra, Studi Pedesaan, Musik & tarian klasik, dan Hindi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 5. Pendidikan Terjangkau dengan penyampaian yang berkualitas

 

Institusi di India memberikan pendidikan berkualitas tinggi dengan keterjangkauan.  Ini menawarkan kepada siswa internasional pengembalian yang tinggi atas investasi mereka dalam pendidikan.  Kami telah membahas tentang reputasi pendidikan India dan lulusannya secara global.

Selain kurikulum dan eksposurnya yang kuat, institusi India memiliki infrastruktur yang kuat yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman praktis dalam bidang karir pilihan mereka.

India adalah tempat yang ideal untuk memperoleh pendidikan kelas dunia yang terjangkau dan lebih jauh lagi, pelajar internasional di India akan merasakan biaya hidup yang sangat terjangkau. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 6. Keberagaman Meluas Melampaui Akademi

 

 

Jika Kamu bermimpi untuk melihat dunia, kunjungan Kamu ke India akan menjadi ide yang luar biasa.  Negara yang luas ini menawarkan hal-hal luar biasa untuk dilihat, dilakukan, dan dialami – mulai dari pegunungan Himalaya hingga pemandangan yang luar biasa dan alam, budaya, dan makanan lezat yang seringkali belum ditemukan.

Orang India tidak terkalahkan dalam hal keramahan.  Ada pepatah populer di India “Athithi Devo Bhava” atau “tamu adalah Tuhan”.

Belajar di India, siswa akan mengeksplorasi spiritualitas, sejarah dan arsitektur yang mulia, dan masakan yang menggiurkan.  Banyak universitas India berada di taman alam yang indah.  Baik berlokasi di pedesaan atau perkotaan, sejumlah institusi menyelenggarakan festival dan acara yang membuat kehidupan kampus lebih menarik. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 7. Perekonomian India sedang meningkat

 

Ekonomi India adalah ekonomi terbesar kelima secara global, dan para ahli memperkirakan bahwa itu akan menjadi ekonomi terbesar ketiga pada tahun 2030.

Ini berarti kursi baris depan ketika ada kesempatan.  Ini juga membuka kemungkinan jaringan global dan lanskap bisnis internasional.

Meskipun India saat ini mungkin bukan negara pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Kamu mempertimbangkan studi internasional, bintangnya jelas sedang meningkat.

 

Memilih untuk belajar di India tidak hanya berarti peluang besar di sini dan saat ini, tetapi juga perspektif dan pemahaman yang tak ternilai tentang kekuatan yang kemungkinan besar akan mendorong kemajuan saat kita melangkah ke masa depan. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 8. Penempatan Nasional dan Internasional yang Kuat

 

India modern adalah ekonomi yang serba cepat dan berkembang, yang terus berkembang menjadi salah satu pasar terbesar & masyarakat yang kuat.  India telah menjadi pemain global di berbagai bidang seperti teknologi informasi, farmasi, petrokimia, dan FMCG, dengan perusahaan-perusahaan terkemuka mencari mahasiswa terbaik dan paling cemerlang untuk mendapatkan pekerjaan.

Sekarang, sekitar 200 dari 500 perusahaan yang masuk daftar Fortune 500 secara teratur menyewa dari kampus-kampus India. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 

 9. Kebijakan Pendidikan Nasional

 

 

Dengan pengenalan Kebijakan Pendidikan Nasional baru-baru ini, ada restrukturisasi lengkap sistem pendidikan melalui pengenalan program sarjana multidisiplin, dengan pilihan durasi tiga atau empat tahun dan beberapa pintu keluar dan titik masuk.  Ini akan membawa tingkat fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dalam sistem pendidikan tinggi.

 

Kebijakan Pendidikan Nasional membuka pintu bagi universitas asing untuk mendirikan kampus di India.  Sesuai NEP, ‘universitas terpilih, misalnya, dari antara 100 universitas terbaik di dunia, akan difasilitasi untuk beroperasi di India.  Kerangka kerja legislatif yang memfasilitasi entri tersebut akan diberlakukan, dan universitas tersebut akan diberikan dispensasi khusus terkait peraturan, tata kelola, dan norma konten yang setara dengan lembaga otonom lainnya di India. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

 

 10. Beasiswa

 

Setiap tahun, pemerintah India memberikan ribuan beasiswa kepada pelajar internasional untuk belajar di India.  Semua beasiswa diberikan kepada siswa internasional untuk menjalani berbagai kursus di tingkat PhD, Magister, dan Sarjana di institusi terkenal India.

Beasiswa ini disediakan untuk spektrum studi yang luas, termasuk teknik, pertanian, farmakologi, aplikasi komputer, administrasi bisnis, musik, dan seni rupa.

Setiap tahun, pemerintah India mengundang aplikasi untuk berbagai beasiswa ke negara-negara SAARC, Afrika, Asia Tenggara, negara-negara Persemakmuran, BIMSTEC, dan Non-BIMSTEC.

Skema beasiswa utama yang didanai penuh diundang oleh pemerintah India untuk pelajar internasional untuk belajar di India. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di India untuk mahasiswa Internasional.

share