Arab Saudi telah berinvestasi besar-besaran dalam institusi pendidikannya dan dalam menarik siswa asing untuk kuliah di sana. Dengan keunggulan agama yang mencolok dan posisi dominan di Timur Tengah, negara ini adalah salah satu negara paling maju dan terkenal di kawasan Asia.  Rumah bagi banyak universitas terkemuka di kawasan Arab, sehingga telah menjadi tujuan studi yang populer bagi siswa internasional dan juga memiliki banyak hal untuk ditawarkan bagi siswa dari luar negeri.

 

10 Alasan Dan Keuntungan Kuliah Di Arab Saudi

 

Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik :

 

Fasilitas Belajar Yang Mewah

 

Universitas Saudi terkenal dengan keunggulan ilmiahnya.  Beberapa universitas Saudi berada di peringkat di antara universitas terbaik di dunia dalam hal pusat penelitian.  Universitas Saudi menyediakan lingkungan yang sangat baik untuk penelitian akademis, melalui lembaga penelitian yang dilengkapi dengan baik

Fasilitas di universitas terkemuka di Arab Saudi tidak ada duanya, berkat pertumbuhan negara dan investasi yang signifikan dalam pendidikan tinggi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

 Keunikan Budaya Yang Mempesona

 

Selain kesempatan untuk mendaftar di semakin banyak universitas terkenal di dunia,  studi di Arab Saudi menawarkan kesempatan untuk menjelajahi lingkungan politik dan budaya bangsa yang khas secara langsung, serta mengunjungi beberapa situs arkeologi kuno terbesar di kawasan Arab.

Keunikan dan gaya hidupnya yang lurus merupakan faktor yang menarik bagi sebagian besar siswa yang ingin tinggal di negara ini.

Negara ini dikenal sebagai tempat kelahiran Islam, salah satu agama terbesar di dunia.  Ini adalah rumah bagi dua kota paling suci di dunia: Mekah dan Madinah.

 

Karena itu, negara ini setiap tahun menarik ratusan juta peziarah dari seluruh dunia.  Dengan kombinasi yang jelas antara budaya dan modernitas, Arab Saudi jelas merupakan pilihan yang menarik untuk melanjutkan studi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

Biaya Kuliah Yang Murah

 

Biaya kuliah di Arab Saudi umumnya tidak terlalu mahal.  Selain memiliki reputasi tinggi dan memiliki beberapa institusi pendidikan tinggi terbaik di Timur Tengah, biaya kuliah relatif rendah dan sebagian besar universitas menawarkan banyak dana dalam bentuk hibah dan beasiswa.

 

Pertanyaan tentang keuangan pasti bisa muncul, mengingat ini adalah rumah bagi beberapa kota terbesar di dunia.  Namun, ketika Anda memilih untuk belajar di Arab Saudi Anda mungkin tidak perlu terlalu khawatir.

 

Banyak universitas umum yang biasanya membebankan biaya kuliah.  Universitas tertentu dengan fokus pada akademisi, terutama yang berspesialisasi dalam bidang seperti perminyakan atau studi kesehatan dapat menawarkan pendidikan dan buku gratis. Dalam hal ini, siswa internasional juga dapat dibebaskan dari biaya. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

Peluang Kerja Di Arab Saudi

 

Mayoritas tenaga kerja di Arab Saudi terdiri dari ekspatriat.  Jadi, setelah Anda menyelesaikan studi Anda di sana, Anda akan dapat menemukan pekerjaan di bidang pilihan Anda.  Untungnya, ada banyak pilihan dan banyak sekali peluang di sektor minyak dan gas khususnya, jadi mencari pekerjaan adalah tentang mengirimkan lamaran dan memanfaatkan jaringan Anda. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

Banyak Beasiswa di Arab Saudi

 

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menawarkan beasiswa setiap tahun akademik kepada siswa berprestasi dari berbagai negara di dunia. Pemerintah Saudi cukup dermawan dengan beasiswa untuk rakyat, apa pun kewarganegaraannya.  Mereka terkadang menawarkan perawatan kesehatan, akomodasi, tiket perjalanan tahunan, dan tunjangan hidup juga.

 

Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya perhatian dan penguatan yang diberikan oleh kerajaan terhadap penyebaran ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah, sebagai bagian dari berbagai kontribusinya bagi dunia komunikasi ilmiah dan budaya secara luas, dalam memajukan kemajuan peradaban manusia.

Banyak beasiswa penuh yang diberikan bagi pelajar muslim yang ingin mempelajari ilmu Agama Islam. Ada juga beasiswa khusus bagi umat Muslim yang hafal Al Qur’an. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

Dapat Memepelajari Bahasa Arab

 

Persisnya mengapa Arab Saudi harus menjadi bagian dari pilihan studi Anda di luar negeri.  Bahasa utama yang digunakan di negara ini adalah bahasa Arab.

Meskipun, bahasa Inggris adalah bahasa sekunder yang digunakan untuk administrasi dan pengajaran di beberapa kalangan.  Siswa didorong untuk belajar dalam bahasa Arab dan kursus pelatihan bahasa intensif biasanya ditawarkan kepada siswa internasional yang membutuhkannya jika diperlukan.

Bahasa Arab sangat penting bagi orang muslim, selain dapat digunakan untuk perkuliahan, Bahasa Arab adalah Bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat islam, yaitu Al Qur’an. Sehingga dengan mengerti Bahasa Arab, bisa lebih mudah dalam memahami isi kandungan Al  Qur’an. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

 Lingkungan Kuliah Yang Nyaman

 

Lingkungan pendidikan dan budaya yang beragam di universitas Saudi.  Ada siswa internasional yang berasal dari lebih dari 165 negara belajar di universitas Saudi.  Selain akademisi multinasional dan anggota staf yang bekerja di universitas-universitas tersebut, universitas-universitas Saudi memberikan layanan berkualitas bagi mahasiswa penerima beasiswa. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

Kampus Berkualitas

 

Pendidikan tinggi di Arab Saudi sangat mirip dengan lanskap pendidikan di dunia lainnya, dengan dua semester berjalan dari September hingga Juni, dimulai setelah lulus dari sekolah menengah.  Meskipun secara historis banyak orang Saudi telah memilih untuk belajar di luar negeri, pemerintah banyak berinvestasi di sektor pendidikan dan mendorong orang untuk belajar di dalam negeri di berbagai universitas negeri dan swasta, perguruan tinggi, dan pusat pelatihan kejuruan.

Hasilnya, Anda akan menemukan tujuh universitas Saudi di 700 peringkat global teratas.

Arab Saudi memiliki 28 universitas negeri dan 10 universitas swasta, meskipun sebagian besar pendanaan penelitian dipusatkan di lembaga publik.  Beberapa universitas sepenuhnya dipisahkan berdasarkan gender, sementara beberapa universitas menampung kedua jenis kelamin dengan kelas yang dipisahkan berdasarkan gender.  Bidang studi di seluruh Kerajaan termasuk kedokteran, ekonomi, teknik, pengajaran, Hukum Islam, dan ilmu kedokteran hewan, di antara banyak lainnya.  Sebagian besar program di universitas adalah program 4 tahun, program pemberian gelar. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

 Kualifikasi Diakui Internasional

 

Setelah lulus dari universitas Saudi yang terakreditasi, Anda akan menerima kualifikasi yang diakui secara internasional;  baik itu Master, Sarjana, atau Ph.D. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

 Akomodasi Yang Murah

 

Karena universitas menyadari bahwa perumahan dapat menjadi masalah, banyak universitas menawarkan akomodasi untuk mahasiswa asing;  baik untuk biaya atau sebagai bagian dari paket beasiswa mereka. Akomodasi ini mungkin melibatkan berbagi kamar atau apartemen dengan siswa internasional lainnya. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

 

 Perawatan Kesehatan Mahasiswa Di Arab Saudi

 

Ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi, termasuk pelajar, perlu memiliki asuransi kesehatan.  Beberapa beasiswa dan universitas membantu siswa dengan perawatan kesehatan, namun pada akhirnya, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan Anda terlindungi.  Jika asuransi kesehatan negara asal Anda tidak melindungi Anda di Arab Saudi, pastikan untuk membeli polis sebelum kedatangan.

 

Dapat Menjalankan Ibadah Haji dan Umroh

 

Arab Saudi sebagai tempat kelahiran Islam adalah tempat kota-kota suci Muslim, Mekkah dan Madinah.  Semua Muslim yang mampu secara fisik dan finansial wajib untuk menunaikan ibadah haji setidaknya sekali.

Jika Anda sudah menjalani kuliah di Arab Saudi,  secara otomatis anda dapat melakukan ibadah Haji dan Umroh dengan gratis. Anda juga dapat memperdalam ilmu agama dengan bergabung ke beberapa pusat pembelajaran Islam yang berada di masjid-masjid besar di Arab Saudi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi yang sangat menarik.

share
##############################################